Jumat, 23 Desember 2011

Masyarakat Sebatik Tegaskan Dukungan Pemekaran

NUNUKAN- Puluhan masyarakat Sebatik yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Sebatik (HMS), Selasa (15/11) kemarin mendatangi Kantor DPRD Nunukan untuk menegaskan keinginan dan dukungan masyarakat dalam pembetukan Sebatik sebagai Daerah Otonom Baru ( DOB). Hal iu disampaikan kepada Anggota DPRD dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Sekarang kan berkaitan dengan adanya masalah moratorium pemekaran daerah dari pusat, tapi itu tidak menutup kemungkinan untuk direalisasikan daerah otonom baru Sebatik,” kata Wakil Ketua DPRD Ngatidjan Ahmadi, kemarin.

Pemekaran Sebatik sebagai DOB, menurut Ngatidjan, tidak akan terhambat dengan moratorium pemekaran karena pemekaran Sebatik menjadi DOB merupakan kehendak dari pemerintah pusat.

“Untuk Sebatik, termasuk yang dikehendaki pemerintah pusat, kalau menurut penjelasan dari Depdagri waktu sosialisasi pemekaran di Samarinda pada 4 Nopember lalu, termasuk Kaltara dan Mahakam Ulu,” ujarnya. Namun pihaknya meminta kepada HMS agar proposal pembentukan DOB Sebatik untuk disempurnakan lagi.

Setelah adanya aspirasi masyarakat ini, DPRD akan menindaklanjuti dengan rapat gabungan komisi dan jika dikehendaki akan dibuatkan persetujuan DPRD atas pemekaran Sebatik melalui Rapat Paripurna. “DPRD akan melalui rapat paripurna, sebagian besar sudah menyetujui, tinggal diformalkan melalui paripurna,” ujarnya.

Dikatakan, bentuk DOB Sebatik nanti akan ditentukan sesuai hasil kajian, apakah kota, kabupaten atau kota administratif. Menurut PP 78/2009, syarat pembentukan kabupaten minimal terdiri 5 kecamatan, pembentukan kota minimal terdiri 4 kecamatan. “DPRD akan mengawal tentang pembentukan DOB itu,” ujarnya. (kh)

Sumber :
http://www.korankaltim.co.id/read/news/2011/18973/masyarakat-sebatik-tegaskan-dukungan-pemekaran--.html

Info Sebatik Lainnya :

Pulau Sebatik Dimekarkan Jadi 5 Kecamatan


Pulau Sebatik Siap Jadi Daerah Ke 15 Di Kaltim


Sebatik Menjadi Kota Otonom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar